Thursday, September 14, 2023

Mau Cari Teman Bareng Ngekost? Cek Dulu Nih, 5 Tipe Teman Kost Yang Pastinya Ingin Kamu Hindari!

Sebagai seseorang yang jauh dari rumah atau sedang merantau, tentu saja banyak hal yang harus dipikirkan. Mulai dari biaya hidup, tempat tinggal, hingga cara untuk menghemat pengeluaran saat di perantauan. Biasanya, hal-hal ini sering terjadi pada mahasiswa dan tenaga kerja yang memutuskan untuk merantau sehingga jauh dari rumah dan harus menemukan tempat tinggal.

Salah satu cara efektif yang sangat sering dilakukan oleh anak rantau untuk menghemat biaya pengeluaran, adalah dengan menemukan teman atau partner untuk diajak tinggal satu kost sehingga biaya yang harus dibayarkan dapat dibagi dua. Eits, tapi tunggu dulu, ternyata menemukan dan menentukan teman kost yang cocok dengan kita itu cukup sulit, lho! Oleh karena itu, berikut tipe-tipe teman kost yang pastinya ingin kamu hindari!

  1. Teman Yang Jorok!


Kamu pasti susah betah kalau sama teman tipe yang satu ini. Mau nyaman di kost, tapi malah risih karena teman kamu jorok. Tipe teman yang seperti ini biasanya ada beragam, diantaranya ada yang menaruh pakaian sembarangan, malas beres-beres sampah dan barang-barangnya berserakan dimana-mana, sampai mereka yang suka sendawa atau buang angin sembarangan. Hal ini pastinya bakal bikin kamu risih banget! Mau menegur pun rasanya pasti sungkan banget, kan? Oleh karena itu, sebelum memilih teman kost, jangan lupa pastiin dulu kalau teman kamu itu orang yang bisa diajak kerja sama untuk menjaga kebersihan kamar kost.

2. Teman Yang Sering Bawa Temannya Tanpa Izin


Banyak diantara kalian pasti milih teman kost yang merupakan sahabat atau teman yang sudah dikenal. Namun, bukan berarti kita mengenal semua teman dari teman kost kita! Jadi, bisa saja teman kost kamu pulang ke kost mengajak teman yang belum kamu kenal. Oleh sebab itu, penting untuk kamu yang punya partner kost dan mau ajak teman ke kost-an untuk izin terlebih dulu ke partner kost kamu. Karena, pasti canggung dan risih banget kalau tiba-tiba teman kost kamu bawa orang asing ke kost-an!

3. Teman Kost Yang "Entar dulu ya..."


Tipe yang satu ini pastinya tipe yang PALING kamu hindari. Betul banget, tipe teman kost yang suka telat bayar! Yang awalnya mau menghemat pengeluaran, eh malah jadi keluar uang lebih karena harus menutupi kekurangan biaya kost yang belum dibayar sama teman kost kamu. Mau untung, eh malah buntung! Dan biasanya, tipe yang seperti ini banyak banget alasannya yang membuat kamu males dan jengkel buat nagih uang kost ke mereka. Salah satu tips yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat perjanjian yang berisikan jangka waktu penangguhan uang kost di awal pembayaran uang kost, sehingga teman kost kamu tidak akan ngutang uang kost lama-lama.

4. Teman Kost Yang Ribut!


Bayangin, kamu lagi lelah-lelahnya pulang dari kampus atau kerja, tiba-tiba teman kost kamu mabar (main bareng) game online dan heboh banget! Tentunya, kamu pasti merasa risih dan jengkel. Bisanya, tipe-tipe yang seperti ini juga banyak dihindari karena tidak bisa melihat suasana dan keadaan teman kostnya. Mau istirahat, eh malah diganggu sama suara telponan yang berisik! Oleh karenanya, penting untuk sadar situasi dan keadaan teman kost kamu, sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain.

5. Teman Kost Yang Cepu


Teman yang satu ini gak cuma bikin risih, tapi juga bisa memicu pertikaian. Yap, yaitu teman kost yang cepu atau tukang ngadu! Melanggar dikit, langsung lapor ke hadapan mami kost. Kamu pastinya gakmau nih sama teman kost yang kayak gini, selain bikin jengkel, tapi juga memicu emosi yang bisa berujung pertikaian! Sebab itu, kamu harus memastikan teman yang mau diajak satu kost adalah teman yang bisa diajak kerjasama.

Demikian 5 tipe teman kost yang pastinya kamu hindari. Sebaiknya, sebelum menyetujui teman kost, pastikan kamu mengenal dengan baik orang tersebut, mulai dari sifat hingga kebiasaannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat membuat kamu gak betah di kost. Ingat, kostan adalah rumah kamu di perantauan! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, sampai jumpa di artikel berikutnya!

No comments:

Post a Comment