Monday, August 28, 2023

Cara Meminimalisir Sampah Di Kost Dengan Tips Zero Waste

Jika membahas mengenai kata kost, yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah kamar yang berukuran tidak terlalu besar dan biasanya dihuni oleh mahasiswa atau pekerja di perantauan. Kamar kost rata-rata memiliki ukuran 3x4 meter dan terkadang terdapat kamar mandi di dalamnya. Agar kamar kost tetap bersih, berikut adalah pembahasan mengenai cara meminimalisir sampah di kost dengan tips zero waste.

Arti Tips Zero Waste dan Cara Meminimalisir Sampah Di Kost

Dewasa ini kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan semakin tinggi. Banyak orang yang sudah menggunakan zero waste kit, atau barang-barang yang bisa digunakan berulang kali sehingga tidak menimbulkan sampah yang menumpuk. Zero waste, adalah sebuah gaya hidup dengan menggunakan barang-barang re-useable untuk mengurangi pemakaian barang dengan kemasan plastic sekali pakai.

Kamu bisa menggunakan tips zero waste untuk mengatur tempat tinggal terutama untuk anak kost agar tetap bersih dan rapi. Lalu apa saja cara meminimalisir sampah di kosan?

1.   Menggunakan zero waste kit

Seperti yang kita bahas sebelumnya, salah satu cara untuk meminimalisir sampah yang ada di kost, kamu bisa memulai menggunakan zero waste kit. Banyak sekali jenis zero waste kit yang dijual di pasaran. Seperti re-usable water bottle, sedotan stainless, kantong belanja, atau yang mulai nge-trend saat ini adalah kantong sandwich atau bees wax.

Selain itu jangan terlalu membeli banyak barang di dalam kost. Belilah barang-barang yang sering kamu gunakan, seperti botol isi ulang, kotak makan, atau kantong belanja.

2.   Minimalisir jajan kemasan

Membeli jajanan bagi anak kost adalah hal yang sangat biasa. Jajanan yang dibeli pun tidak jarang menggunakan plastic sekali pakai, atau kemasan-kemasan yang membuat sampah plastic bertambah. Kamu bisa menggunakan container yang bisa kamu gunakan berulang kali untuk membeli makanan-makanan di warung atau saat jajan. 

Selain itu jika kamu membeli jajan kemasan, kamu bisa membukanya dan meletakannya ke dalam toples atau reusable container agar lebih awet dan lebih rapi.

3.   Mengorganisir sampah

Cara meminimalisir sampah di kost berikutnya adalah dengan mengelola sampah. Kamu bisa membeli dua tempat sampah untuk memisahkan antara sampah organik dan non organik. Apalagi jika kamu sudah memulai untuk masak sendiri, pasti banyak limbah-limbah rumah tangga yang harus dipisahkan dengan sampah-sampah plastik lainnya.

4.   Jangan terlalu banyak berbelanja

Salah satu hal yang bisa kamu hindari agar kostmu tetap bersih adalah belanja yang terlalu banyak. Biasakan untuk mencatat sebelum berbelanja agar kamu tahu barang apa saja yang memang sudah saatnya restock. Dengan demikian kamu juga dapat menghindari banyaknya sampah kemasan dari barang-barang yang kamu beli.

5.   Masak sendiri

Meskipun terlihat merepotkan, namun masak makanan sendiri di kost memiliki banyak manfaat. Seperti kamu bisa menghemat budget belanja, bisa belajar memasak, dan juga meminimalisir kemasan plastik dari makanan-makanan yang sudah kamu beli.

Seperti yang kita tahu, bahwa makanan yang dijual di warung biasanya dikemas menggunakan styrofoam atau plastikyang susah diurai dan juga menimbulkan menumpuknya sampah plastik

6.   Rajin bersih-bersih

Agar kosan kamu selalu terhindar dari sampah yang menumpuk, kamu perlu rajin bersih-bersih kosan kamu setiap hari. Karena terkadang kita lupa menyelipkan beberapa plastik di tempat tersembunyi dan berakhir tidak terbuang di tempat sampah.

Itu dia beberapa cara meminimalisir sampah di kosan agar tempat kamu tetap bersih dari sampah-sampah yang menumpuk. Ayo terapkan mulai sekarang!

Iklan: Dijual rumah di Salemba, Jakarta

No comments:

Post a Comment