Tuesday, July 25, 2023

Catat! Inilah 5 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost

Tips makan hemat ala anak kost bisa menjadi salah satu solusi untuk kamu agar dapat menekan pengeluaran selama menjalani kehidupan merantau. Tentunya, memutuskan tinggal jauh dari orangtua dan menjadi anak kost memang menjadi pilihan yang cukup mendebarkan dan penuh tantangan.

Sebab, kamu akan menjalani kehidupan secara mandiri, termasuk mengatur pengeluaran untuk makan sehari-hari pun dilakukan oleh kamu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan kamu dapat mengaturnya dengan baik, sehingga kehidupan sebagai anak kost dapat berjalan dengan lancar.



Tips Makan Hemat Ala Anak Kost yang Bisa Kamu Ikuti

Nah, berikut ada beberapa tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu ikuti, yaitu:

1.   Membuat Rincian Belanja untuk Sebulan

Saat sudah resmi menjalankan kehidupan sebagai anak kost, kamu dapat mulai membuat rincian belanja bulanan agar bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran makan kamu selama sebulan. 

Dengan adanya rincian belanja, kamu dapat memutuskan produk apa saja yang dianggap paling penting untuk dibeli terlebih dahulu. Hal ini tentu akan mengantisipasi terjadinya pengeluaran yang tidak penting. Sehingga, kamu bisa berhemat dan cukup membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

2.   Mulai Belanja Bulanan Sekaligus

Setelah selesai membuat rincian belanja, kamu bisa mulai belanja sekaligus untuk sebulan penuh, ya. Pastikan hanya membeli barang atau produk sesuai yang ada di rincian. Jangan sampai tergoda untuk membeli barang yang tidak ada di dalam rincian, ya. Yakinkan diri kamu sendiri bahwa hal itu hanya keinginan semata dan bukan suatu barang yang menjadi kebutuhan untuk kamu beli. 

3.   Kurangi Hangout dan Makan di Cafe

Tips makan hemat ala anak kost berikutnya adalah kamu harus mengurangi hangout serta makan di cafe. Tentunya, kamu juga pasti menyadari kalau hangout maupun makan di cafe membutuhkan pengeluaran yang cukup besar, ‘kan? 

Kalau dihitung-hitung, budget yang kamu keluarkan untuk pergi hangout atau membeli makanan serta minuman di cafe bisa untuk makan selama 3-4 hari di tempat kost. 

Jadi, kalau kamu sudah memutuskan ingin menjadi anak kost yang hemat, maka kurangi hangout bareng teman-teman maupun makan-makan di cafe-nya. 

4.   Biasakan Masak Nasi dan Lauk Pauknya Sendiri

Memasak nasi dan lauk pauk sendiri di tempat kost tentu akan membuat kamu menjadi lebih hemat. Biasakan untuk membawa beras dari rumah agar bisa memasak nasi sendiri nantinya.

Selain itu, kamu bisa membiasakan diri untuk memasak lauk pauk yang akan menjadi teman nasi setiap harinya. Biar lebih hemat, kamu dapat memilih menu masakan sederhana yang bisa dimakan 2-3 kali dalam sehari. Jadi, lebih hemat daripada membeli makan di luar kostan, ‘kan?

5.   Biasakan Minum Air Putih

Membiasakan minum air putih daripada jenis minuman lainnya dapat menjadi salah satu tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu ikuti. Seperti yang kamu tahu, air putih mineral memiliki harga yang murah meriah daripada air berwarna, seperti juice, coffee, maupun Thai Tea. 

Saat pergi ke luar kost untuk kuliah, sekolah maupun bekerja, kamu dapat membawa air minum sendiri ke dalam botol. Jadi, tidak perlu mengeluarkan budget lagi hanya untuk membeli air minum.

Itulah beberapa tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu ikuti secara mudah. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat mengatur pengeluaran dengan baik, terutama soal biaya makan sehari-hari. Sehingga, cita-citamu untuk menjadi anak kost yang hemat pun bisa tercapai.

Kamu sedang mencari kost putri di Malang? Bisa ke Kost Putri Sembilan C & D Malang. Hubungi +6281230115736 ya...

Iklan: Dijual rumah di Salemba, Jakarta

No comments:

Post a Comment