Wednesday, December 2, 2020

Kelebihan dan Kekurangan Wisuda Online



Masa pandemi merupakan masa-masa sulit yang dirasakan dan harus dilalui oleh masyarakat, termasuk mahasiswa diseluruh tanah air. Sistem pembelajaran daring pun harus dilakukan demi kelancaran proses pendidikan. Hampir semua mahasiswa yang lulus pada saat pandemi harus rela untuk tidak melakukan prosesi wisuda seperti pada umumnya. Namun, ada kelebihan dan kekurangan wisuda online yang dianggap unik.

Ditiadakannya prosesi wisuda ini memang sangat tidak menyenangkan dan berat untuk para mahasiswa yang telah berjuang menempuh waktu kuliah hingga tiba prosesi kelulusan. Meskipun begitu, ternyata wisuda reguler kini digantikan dengan wisuda online untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Biarpun wisudanya dilakukan secara online, namun tetap ada sisi lebih dan kurangnya.

Kelebihan Wisuda Online

Sebenarnya, bagi para mahasiswa yang lulus ditengah pandemi COVID-19 dan tidak bisa melaksanakan wisuda secara reguler, tidak perlu bersedih hati. Karena kini, telah diadakan wisuda online untuk tetap memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah menempuh proses pendidikannya.. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda terima jika mengikuti wisuda online ini.

  • Tidak Perlu Berangkat Pagi

Bagi Anda yang tidak suka dan tidak bisa bangun pagi, apalagi melihat jadwal wisuda yang mengharuskan para wisudawannya hadir pagi hari, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan wisuda online, Anda sudah tidak perlu repot-repot bangun pagi untuk mempersiapkan merias diri dan mengenakan pakaian formal.

  •  Lebih Santai

Wisuda reguler tentu akan membutuhkan persiapan yang detail. Mulai dari bangun pagi, mempersiapkan dress codenya, riasannya, dan masih banyak lainnya. Namun, dengan wisuda online ini Anda akan jauh merasa lebih santai dalam mempersiapkan segala. Karena wisuda online tidak membutuhkan persiapan sedetail itu.

  • Hemat Biaya

Kelebihan dari wisuda online selanjutnya adalah Anda akan lebih menghemat biaya keluar. Anda sudah tidak perlu lagi membayar biaya sewa gedung, sewa kebaya, membayar riasan, dan biaya printilan lainnya. Dengan wisuda online, yang perlu Anda persiapkan adalah membeli kuota untuk kebutuhan daring.

  • Pengalaman Baru

Dengan mengikuti wisuda secara online, maka Anda akan merasakan sebuah pengalaman baru yang tentunya belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Kekurangan Wisuda Online

Selain kelebihan, tentunya wisuda online ini memiliki sisi kurangnya juga. Wisuda online dianggap tidak layak dilakukan karena jauh dari standard acara wisuda. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari wisuda online.

  • Tidak Memakai Toga

Wisuda online dilakukan secara serentak oleh para mahasiswa beserta jajaran dosen dan rektor dengan cara daring. Wisuda ini juga dilakukan di rumah masing-masing untuk mematuhi protokol kesehatan atas pandemi Covid-19.

Dengan adanya wisuda online ini, maka para wisudawan dan wisudawati tidak bisa menggunakan toga kelulusan. Hal ini dikarenakan adanya pengembalian dana wisuda serta memang ditiadakannya biaya untuk pemesanan toga.

  • Hilangnya Nilai Sakral Wisuda

Banyak mahasiswa serta wali murid yang menyayangkan adanya wisuda online ini. Alasannya adalah wisuda online dianggap menghilangkan kesakralan dari prosesi wisuda reguler pada umumnya. Sebagian peserta juga menganggap bahwa wisuda online ini seperti tidak berarti.

Ada pihak yang mendukung & menolak akan pelaksanaan dan kebijakan mengenai wisuda online bagi para mahasiswa ini. Namun perlu Anda ketahui, tetap akan ada kelebihan dan kekurangan wisuda online yang diterima dan dirasakan oleh para wisudawan dan wisudawati.

Baik kelebihan dan kekurangan ini setidaknya bisa diterima dengan hati yang lapang mengingat memang kondisi pandemi COVID-19 ini masih belum juga mereda. Semua ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas.

No comments:

Post a Comment