Sunday, December 6, 2020

Hal yang Paling Dirindukan Dari Kuliah Offline

 Kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin merebak. Hal inilah yang membuat pemerintah kemudian mengeluarkan keputusan untuk menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. 

Adanya kasus Covid-19 ini tentunya membawa dampak yang cukup serius bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Dampak ini juga sangat serius dirasakan pada sektor pendidikan, manakala proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring dirumah masing-masing. Banyak universitas tanah air yang sudah menerapkan sistem kuliah online.

Kuliah online dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk menghadiri perkuliahan. Pembelajaran ini bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi sosial media seperti halnya video conference. 

Namun pada kenyataannya, kebijakan terkait kuliah online ini menimbulkan banyaknya pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakay, terlebih untuk mahasiswanya sendiri. Dimana kuliah daring dirasa justru membebani mahasiswanya dari segi akses jaringan internet yang terbatas. 

Hal inilah yang kemudian membuat para mahasiswa merindukan hal-hal yang berkaitan dengan kuliah offline. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja hal yang paling dirindukan dari kuliah offline

Hal yang Dirindukan Dari Kuliah Reguler atau Offline

·       


        Papan Tulis dan Bangku

Mahasiswa yang saat ini sedang berjuang kuliah dengan sistem online tentunya akan sangat rindu dengan yang namanya papan tulis beserta bangkunya. Dimana disini dosen akan menuliskan segala sesuatu yang dibutuhkan dan bangku yang bisa dicorat-coret sesuka hati. 

Tidak hanya itu, papan tulis juga digunakan sebagai tempat corat-coret para mahasiswa yang iseng ketika dosen belum juga datang. Bangku perkuliahan juga sudah beralih fungsi sebagai tempat tidur yang nyaman ketika kelas berlangsung. 

·       

        Kertas Ulangan 

Ulangan sangat kerap dijadikan sebagai momok bagi para mahasiswa. Selain takut akan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, ketegasan guru yang dianggap killer juga mempengaruhi tegangnya suasana ulangan. Namun inilah yang akan dirindukan dari kuliah reguler atau kuliah offline.

Tapi coba mundur lagi perlahan dan coba ingat ketika membuat gambar-gambar tak jelas pada kertas buram ulangan. Betapa serunya melakukan hal itu ketika bosan dengan suasana ulangan yang menegangkan dan ketika mengalami kebuntuan dalam mencari jawaban. 

·       Kantin

Kantin akan selalu menjadi tempat yang paling dirindukan dari para mahasiswa ketika kuliah offline. Pastinya akan sangat menyenangkan ketika mengingat betapa nikmatnya masakan ibu kantin, terlebih saat kehabisan uang dan berhutang. 

Disini juga merupakan tempat bolos jam kuliah jika dirasa dosennya membosankan atau sekedar iseng saja. Kantin merupakan tempat makan serta markas bagi sebagian besar mahasiswa. 

·       Ngumpul Bareng Teman

Hal yang paling dirindukan dari kuliah offline selanjutnya adalah ngumpul bersama teman. Dimana akan sangat menyenangkan ketika berkumpul bersama teman-teman dikampus. Berkumpul bersama teman akan membuat hati merasa senang dan tenang. 

Anda bisa curhat, menangis, tertawa, hingga hangout bareng teman-teman di kampus. Bahkan, bisa juga membolos kuliah bersama yang tentunya akan sangat dirindukan bagi sebagian mahasiswa yang sering melakukannya. 

·       Rindu Praktikum Reguler

Dengan adanya kuliah online membuat seluruh mahasiswa diharuskan untuk melakukan perkuliahan secara daring, tidak terkecuali dengan praktikumnya. Ada banyak sekali kendala yang dirasakan ketika praktikum dilakukan secara online. 

Lebih seru rasanya jika praktikum dilakukan secara langsung dengan bertatap muka dengan sang dosen. Materi akan cepat tersampaikan dan mudah dipahami ketika praktik dilakukan secara langsung. 

Ada banyak sekali hal yang bisa dirindukan dari kuliah offline ini. Maka, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak merasa ingin berkuliah reguler lagi daripada harus kuliah online. 

No comments:

Post a Comment