Tuesday, December 29, 2020

Ingin Hemat Listrik Saat di Kost? Yuk Coba 5 Cara Berikut!


Menjadi seseorang yang pergi merantau dan harus tinggal di rumah baru yang mereka sebut sebagai 'kos-an' memang terdengar mengasyikan. Tidak ada yang mengawasi, hidup sendirian dan bebas boleh melakukan apa saja sesuka kita. Namun, tahukah kamu jika menjadi anak kos itu tidaklah mudah! Terutama, kita harus dapat mengatur antara waktu dan keuangan kita, salah satunya adalah untuk mengatur penggunaan listrik agar tidak sampai membludak.

Saat ini, banyak kos yang memberikan pelayanan biaya kos dan biaya listrik yang terpisah. Hal ini menyebabkan banyak anak kos harus dapat menyesuaikan penggunaan listriknya dengan keuangan di perantauan. Lalu, gimana aja sih tips dan trik agar hemat dalam menggunakan listrik? Berikut kami berikan 5 tips untuk menghemat listrik bagi kamu yang sedang ada di perantauan dan menjadi anak kos! 

1. Cabut charger atau kabel lain saat tidak digunakan dari stop kontak.

Ternyata, hal-hal kecil yang seringkali kamu lupa untuk lakukan, yaitu mencabut kabel charger atau kabel-kabel lain setelah digunakan merupakan salah satu penyebab membludaknya pembayaran listrik kos lho! Hal ini dikarenakan kabel charger atau kabel lain tersebut apabila tidak dicabut ternyata masih mengalirkan listrik, lho! Jadi, listrik yang mengalir sia-sia tersebut dapat membuat biaya listrik di akhir bulan dapat membludak! Selain itu, hal ini juga berbahaya apabila ujung kabel tidak sengaja tersentuh oleh tubuh kamu, besar kemungkinan kamu bisa tersetrum, hiih serem kan?

  1. Jangan menggunakan barang yang tidak perlu terlalu sering.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali barang-barang yang penggunaannya dapat diminimalisir pada saat kita ada di dunia rantauan, salah satunya buat cewek-cewek adalah mengurangi penggunaan hair-dryer untuk mengeringkan rambut dan/atau catokan untuk membentuk rambut. Penggunaan barang-barang tersebut yang terlalu sering ternyata bisa menjadi sumber utama naiknya biaya listrik. Aduh.. Trus gimana, ya? Kan rambut harus selalu badai? Eits, tenang saja, kamu dapat menggunakan barang tersebut saat diperlukan saja dan mencari solusi lainnya, misal contoh adalah cobalah untuk mengeringkan rambutmu dengan handuk kecil sehingga kamu dapat menghindari penggunaan hair-dryer yang terlalu sering.

  1. INGAT! Matikan lampu saat tidak dipakai!

Tips ketiga ini merupakan tips yang sudah sangat sering didengar di TV-TV, yaps betul, matikan lampu apabila sudah tidak digunakan! Penting untuk kamu sahabat perantauan mengingat hal ini karena menyalakan lampu saat tidak digunakan dapat menyebabkan listrik terbuang sia-sia, trus di akhir bulan, pengeluaran listriknya membengkak deh! Selain itu, mematikan lampu apabila telah selesai digunakan ternyata dapat memperpanjang masa nyala lampu, lho. Selain itu, kamu juga dapat membeli lampu tidur dengan daya yang rendah jika kamu takut untuk tidur tanpa lampu, sehingga tidak harus menyalakan lampu biasa semalaman. Kamu juga dapat menggunakan lampu LED sebagai alternatif sehingga daya yang digunakan tidak terlalu banyak.

  1. Punya rice cooker? Masaklah nasimu dengan air hangat!

Untuk sahabat rantau yang punya dan menggunakan rice cooker untuk memasak nasi di kos, ada baiknya untuk kamu mulai memasak nasi dengan air hangat atau air panas. Hal ini bertujuan agar proses pemasakan nasi dalam rice cooker lebih cepat sehingga tidak banyak menggunakan daya listrik. Tips ini sangat worth it untuk dicoba, sahabat rantau! Selain menghemat penggunaan listrik, kalian juga dapat mempersingkat waktu menanak nasi, jadi gak perlu nunggu lama-lama deh!

  1. Minimalisir penggunaan AC

Nah, khusus untuk sahabat rantau yang menggunakan AC di kamar kosnya, coba mulai sekarang penggunaan AC-nya diminimalisir. Cobalah untuk membiasakan diri untuk memilih angin alami, misalnya dengan membuka jendela sehingga angin dari luar dapat masuk ke kamarmu. Gunakanlah AC sangat benar-benar diperlukan, misalnya saat cuaca panasnya ga nahan banget!

Semoga dengan tips-tips di atas kamu dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya listrik di kos kamu, semakin kita berhemat, semakin sedikit pula uang yang akan berkurang! Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian, sampai jumpa di artikel berikutnya!

No comments:

Post a Comment