Monday, December 28, 2020

5 Aplikasi Meeting Online Yang Memudahkan Selama Perkuliahan Online

 Mengingat kondisi pandemi yang belum juga mereda, pemerintah menurunkan peraturan untuk melakukan segala sesuatu secara daring. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari menyebarnya  COVID-19 semakin meluas. Adanya pandemi ini juga memberikan dampak besar bagi mahasiswa dan pekerja.

Ada banyak sekali kampus dan perkantoran yang menutup sementara pelayanan dan mengalihkannya dengan pelayanan secara online. Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan meeting. Meeting yang dilakukan secara online tentunya membutuhkan aplikasi conference yang mumpuni. Salah satu aplikasi meeting online ini adalah Zoom.

Namun, dengan membludaknya pemakai aplikasi Zoom ini, membuatnya sering mengalami trouble atau bug. Namun disisi lain, ternyata ada isu keamanan dari aplikasi Zoom ini yang mengklaim bahwa aplikasi ini tidak memiliki enkripsi end-to-end. Hal semacam ini tentu dapat berpotensi terjadinya penyadapan atau pencurian informasi oleh peretas.

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Oleh karena itu, perlu ada aplikasi alternatif lain sebagai pilihan dalam melakukan meeting online ini. Berikut ini akan diberikan beberapa rekomendasi dari aplikasi meeting online untuk Anda gunakan sebagai pilihan alternatif.


WhatsApp

Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi WhatsApp ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi meeting atau rapat yang dilakukan dengan jarak jauh. Anda bisa menggunakan fitur video call dengan maksimal adalah 4 orang anggota saja. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store.

Facetime

Untuk aplikasi meeting online selanjutnya hadir dari produk besar, Apple. Aplikasi Facetime ini tentunya hanya bisa digunakan oleh pengguna dan pemilik produk Apple saja. Seperti halnya iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Facetime diklaim mampu menampung anggota hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Aplikasi Facetime ini dapat menggunakan kamera depan maupun kamera belakang dalam memperlihatkan suatu objek dengan jelas ketika meeting. Bagi Anda yang memiliki perangkat Apple, tidak perlu lagi untuk mengunduhnya, karena aplikasi ini sudah ada dalam setiap perangkat Apple.

Skype

Skype merupakan aplikasi milik Microsoft yang dapat digunakan untuk keperluan meeting dengan jumlah anggota hingga 25 orang dalam sekali panggilan video. Aplikasi Skype ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, salah satunya adalah komputer.

Selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan video, aplikasi Skype juga bisa digunakan sebagai media chatting secara individu maupun grup. Tidak hanya itu, Skype juga mendukung layanan panggilan suara berbayar ke berbagai nomor ponsel atau nomor telepon rumah.

Google Hangouts Meet

Aplikasi meeting online selanjutnya adalah Google Hangouts Meet. Aplikasi percakapan besutan Google ini ternyata mampu melakukan panggilan video dengan batasan 250 orang anggota per panggilannya.

Aplikasi Google Hangouts Meet ini juga telah dibekali dengan beberapa fitur andalan seperti halnya fitur untuk menampilkan caption secara otomatis dengan menggunakan teknologi text-to-speec. Tidak hanya itu, aplikasi Google Hangouts Meet ini juga memiliki fitur untuk mengatur jadwal meeting yang terintegritas secara langsung dengan Google Calender.

Cisco Webex

Aplikasi selanjutnya ini mungkin akan terdengar sedikit asing ditelinga Anda. Ya, Cisco Webex merupakan salah satu aplikasi meeting yang sering digunakan oleh perusahaan besar yang masuk dalam kategori Fortune 500.

Aplikasi berbasis panggilan video ini mampu menampung anggota hingga 100 orang dalam sekali panggilan video. Namun, jumlah tersebut akan disesuaikan dengan paket langganan yang Anda pilih. Ada beberapa fitur andalan yang melengkapi Cisco Webex ini, diantaranya adalah adanya dukungan Google Assistant, screen sharing, Google home hub, dan masih banyak lainnya.

 

Inilah beberapa rekomendasi aplikasi meeting online yang bisa Anda gunakan selain dari aplikasi Zoom untuk berperan sebagai aplikasi alternatif ketika Zoom dibatasi penggunaannya.

No comments:

Post a Comment