Friday, June 27, 2025

Apa Yang Harus Dilakukan Pemilik Kost Ketika Penghuni Tidak Perpanjang Sewa?

Ketika anak kos lulus kuliah, maka masa ngekos juga sudah berakhir. Apa yang dilakukan anak kos setelah lulus? Pastinya mereka mencari kerja atau membuka usaha sendiri. Mereka bisa menetap di kos jika kerjanya di kota yang sama. Apabila mereka pindah kota, maka mereka akan mencari tempat tinggal baru dan menghentikan sewa di tempat kost kita. Apa yang harus kita lakukan sebagai pemilik kost, ketika penyewa tidak perpanjang sewa kost di tempat kita? Mimin kasih beberapa tips agar transisi berjalan lancar, dan properti tetap dalam keadaan yang baik.. Simak, yuk tips berikut!


  1. Pastikan Penghuni Sudah Konfirmasi Secara Tertulis
Pemilik kost harus memastikan bahwa benar penghuni akan tidak perpanjang sewa kost. Konfirmasi tertulis lewat pesan Whatsapp, SMS, atau e-mail agar jika ada masalah nantinya, kita sebagai pemilik kost memiliki bukti. Idealnya, penghuni yang tidak memperpanjang sewa kost memberitahu pemilik 30 hari s.d. 2 minggu sebelum kepindahan.

    2.    Periksa kembali perjanjian sewa

Pemilik kost juga harus meninjau kembali perjanjian sewa dengan penghuni kost. Hal-hal seperti batas waktu pengosongan kamar, ketentuan pengembalian deposit, tanggung jawab penghuni terhadap kebersihan kamar dan kerusakan inventaris kost juga harus jelas tertulis di penjanjian sewa menyewa.

    3.    Tanya alasan kepindahan

Inilah saatnya untuk berbenah diri. Penghuni kos yang pindah sebelum mereka lulus kuliah, biasanya karena adanya ketidakcocokan dengan peraturan, kondisi kost, atau dengan sesama penghuni. Misalnya kondisi kost yang kurang bersih dan berantakan menjadi alasan penghuni kost untuk pindah. Kritik dan saran penghuni kost yang masuk akal pastinya bisa dijadikan untuk perbaikan pelayanan kost ke depannya.
 
    4.    Lakukan pemeriksaan kamar

Sebelum penghuni pergi meninggalkan kost, pastikan lagi kelengkapan inventaris kost, kebersihan kamar, dan pastikan tidak ada barang-barang pribadi penghuni kost yang tertinggal. Jika ada kerusakan, catat dan dokumentasikan.

    5.    Pengembalian Uang Deposit

Jika kamar dalam kondisi baik, bersih, dan lengkap, uang deposit bisa langsung dikembalikan. Jika kamar dalam keadaan kotor, atau ada barang yang hilang, maka biaya pembersihan dan ganti rugi dapat diambil dari uang deposit. Jika uang deposit tidak mengcover kerugian, hal ini bisa dibicarakan dengan penghuni kost agar mereka mau mengganti kerugian yang ditimbulkan.

    6.    Bersihkan & persiapkan kamar

Segera bersihkan dan persiapkan kamar untuk dihuni oleh penyewa selanjutnya. Agar menarik, ganti sprei dan cat ulang kamarnya. Pastikan kamar mandi bersih, semua fasilitas seperti AC berfungsi dengan baik.

    7.    Ikankan kamar kosong

Mulailah mempromosikan kamar kosong tersebut di platform online, seperti Mamikos, OLX, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Promosi juga bisa dilakukan secara offline dengan menempel poster dan menyebarkan flyer di kampus dekat kost. Pastikan mengunakan foto yang menarik dan keterangan fasilitas dan alamat yang jelas agar menarik perhatian calon penghuni selanjutnya.

    8.    Persiapkan dokumen untuk penghuni selanjutnya

Perbarui sistem manajemen kost. Persiapkan dokumen untuk penghuni baru, seperti penjanjian sewa menyewa, biodata penghuni dan tata tertib kos yang terupdate.

Nah, itulah beberapa tips untuk pemilik kost saat menghadapi penghuni kost yang ingin tidak perpanjang sewa. Semoga bermanfaat!

Image by freepik

No comments:

Post a Comment