Monday, April 1, 2024

Tips Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk Anak Kost

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit akibat infeksi virus yang ditularkan dari nyamuk ke manusia. Berikut tips mencegahnya!

Freepik.com

Tingginya curah hujan sekarang ini, dapat menyebabkan genangan air di beberapa lokasi, terutama tempat yang berlubang. Genangan air ini membuat nyamuk semakin mudah untuk berkembang biak. Padahal, nyamuk menjadi hewan yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, DBD adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus yang ditularkan dari nyamuk ke manusia. Namun, tidak semua nyamuk bisa menyebabkan penyakit DBD karena hanya jenis nyamuk aedes aegypti saja yang membawa dan menularkan virus. Seseorang yang mengalami gejala demam berdarah dengue adalah mengalami demam tinggi, sakit kepala, pegal-pegal atau nyeri, hingga mual. Maka dari itu, supaya tidak terkena penyakit DBD harus dilakukan pencegahan, terutama buat kamu sebagai anak kost. Sebab, sebagai anak rantau, kamu harus bisa menjaga kesehatan, terutama supaya terhindar dari penyakit DBD. Berikut beberapa tips mencegah demam berdarah dengue untuk anak kost yang perlu kamu ketahui!

Tips Mencegah Demam Berdarah Dengue

1. Gunakan pakaian tertutup
Cara mencegah demam berdarah pertama adalah dengan menggunakan pakaian tertutup, seperti kaos lengan dan celana panjang. Tujuannya adalah memberikan perlindungan diri dari gigitan nyamuk yang berpeluang menularkan virus dengue. Kondisi tersebut perlu kamu lakukan baik saat berada di kost maupun ketika sedang berada di luar. Sebab, virus dengue tidak hanya terjadi di dalam kost saja, melainkan juga tempat-tempat lainnya.

2. Kuras bak mandi seminggu sekali


Perlu kamu ketahui, jika nyamuk aedes aegypti mudah berkembang biak di tempat yang ada genangan air, salah satunya bak mandi. Apalagi, bak mandi yang ada di luar kamar kost biasanya jarang sekali dirawat, sehingga bisa menyebabkan larva nyamuk bertelur dan menetas. Oleh karena itu, harus menguras dan membersihkan bak mandi secara bersama-sama minimal seminggu sekali supaya nyamuk aedes aegypti tidak bisa berkembang biak.

3. Pasang kelambu
Tips mencegah DBD selanjutnya adalah dengan memasang kelambu di tempat tidur. Sebab, kelambu berfungsi untuk mencegah nyamuk menggigit manusia. Apalagi, kelambu bisa didapatkan dengan mudah dan harganya sangat terjangkau. Jadi, buat kamu anak kost harus punya untuk mencegah gigitan nyamuk, terutama saat sedang tidur.

4.  Gunakan lotion atau krim anti nyamuk
Kamu bisa mencegah penyakit DBD dengan cara mengoleskan lotion atau krim anti nyamuk setiap kali akan bepergian keluar rumah. Tujuannya adalah supaya kamu terhindar dari gigitan nyamuk. Krim tersebut bisa kamu oleskan pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Selain itu, ketika sedang berada di kost, kamu juga bisa menggunakan krim ini, terutama saat menjelang tidur.

5. Hindari menumpuk pakaian terlalu lama
Biasanya, anak kost mempunyai kebiasaan mencuci pakaian 1 kali dalam seminggu. Hal ini membuat pakaian menjadi menumpuk, sehingga menjadi tempat berkembangnya nyamuk. Maka dari itu, sebaiknya kamu harus segera mencuci pakaian kotor dan segera simpan baju yang tidak dikenakan di lemari atau tempat lainnya.

6. Konsumsi vitamin D

Tips mencegah demam berdarah yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi vitamin D karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi suplemen maupun makanan yang mempunyai kandungan vitamin D. Kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, seperti kuning telur, daging merah, tuna, salmon, dan lainnya. Apalagi, makanan tersebut mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau bagi anak kost.

7. Pindah kost
Terakhir, jika kost kamu tempatnya kotor dan berpeluang menjadi sarang nyamuk, segera putuskan untuk pindah kost. Sebab, tempat seperti itu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit demam berdarah karena nyamuk lebih suka dengan tempat yang kotor. Jika kamu mencari kost di kota Malang, yang rutin dibersihkan dan memperhatikan aspek 3 M dalam mencegah demam berdarah, Kost Putri Sembilan C & D jawabannya. Segera hubungi kami di 081230115736 untuk memesan kamar.


Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai tips mencegah demam berdarah dengue (DBD). Pada dasarnya, penyakit DBD adalah jenis penyakit yang terjadi akibat tertular oleh virus dari nyamuk aedes aegypti. Pastikan, kamu sebagai anak kost bisa menjaga diri dengan baik supaya tidak terkena penyakit DBD maupun lainnya. Kamu bisa melakukan beberapa tips yang telah diberikan di atas. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment