Thursday, July 6, 2023

Kiat Agar Betah di Kost

Untuk kamu yang merantau, kos menjadi salah satu ruang yang bisa menentukan produktivitas menjalani keseharian di tanah rantau. Dengan ini, betah tinggal di kos-kosan tentunya menjadi salah satu hal yang diinginkan semua orang. Dengan betah tinggal di kosan akan mengurangi biaya nongkrong di luar juga, alhasil kamu akan semakin hemat pengeluaran. 

Salah satu tujuan tinggal indekos tak lain supaya bisa dengan mudah menjangkau tempat kuliah maupun tempat kerja. Sekalipun membuatmu menjadi sosok mandiri kedepannya nanti, tentunya tinggal indekos memberikan tantangan untuk kamu, terlebih apabila kamu pertama kalinya. 

Jauh dari teman dan keluarga merupakan hal yang sudah pasti. Lebih dari itu, sebagai anak kosan kamu juga harus bisa menyiapkan makanan dan kebutuhan sendiri. Tidak jarang banyak anak kosan yang merasa sangat rindu dengan rumah sehingga menjadikannya ingin pulang terus.

Salah satu hal yang membuatmu bisa betah menjadi anak kos yaitu kondisi kamar yang nyaman serta lingkungan yang mendukung juga. Kamu bisa membuat kamar kosanmu serasa seperti di rumah sendiri dengan beberapa hal berikut ini.

Tips Membuatmu Betah di Kosan 

1.   Memilih kosan yang memiliki lingkungan yang nyaman

Ketika jauh dari keluarga, kehadiran lingkungan sekitar yang nyaman membuat rasa kangenmu untuk pulang ke rumah sedikit berkurang. Dalam hal ini, kamu bisa memilih kos dengan lingkungan sekitar yang bersih, mudah akses ke warung makan, laundry hingga ke kampus maupun tempat kerja.

2.   Memperhatikan penerangan dalam kamar kosan 

Penerangan menentukan apakah kamu kelak nyaman tinggal di kosan atau tidak. Untuk itu, sebagai anak kos, alangkah baiknya kamu menghadirkan kamar kos dengan nuansa yang cerah. Kesan terang dalam kosan bisa kamu hadirkan dengan mengganti kamar standar dengan lampu yang lebih terang atau bisa juga sesuai dengan selera pribadimu. 

Semakin menarik, kamu bisa menambahkan penerangan tambahan seperti lampu gantung misalnya. Semakin nyaman lagi kamu bisa mengaplikasikan lampu tidur berkesan temaram dari bohlam maupun memberikan lampu hias yang memiliki watt rendah. 

3.   Sortir benda yang memang tidak digunakan

Dalam keseharian kita tentu membutuhkan benda-benda tertentu, namun apabila jumlahnya terlalu banyak malah membuat kita akan risih. Setelah beberapa waktu tinggal di kamar kos, mulailah dengan menyortir jenis benda yang memang tidak dibutuhkan. 

Apabila kamu menemukan jenis benda tersebut segera singkirkan benda tersebut sehingga kamar kamu akan memiliki kesan lega. Alhasil kamu akan semakin betah tinggal di kosan. 

4.   Membeli tempat perkakas kecil 

Sama halnya ketika kamu tinggal di rumah, di kamar kosan kamu juga butuh kotak perkakas yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan paku, gunting, selotip dan beberapa benda kecil keseharian yang sering digunakan. 

5.   Merubah warna cat kamar

Pemilik kos sudah membekali ruang kosan dengan cat tertentu. Namun apabila kamu merasa warna cat kurang sesuai dengan selera, kamu bisa mengubah warnanya dengan catatan sudah izin dengan pemilik kos. 

Apabila pemilik kos sudah memberikan izin, saatnya kamu mulai memilih jenis warna cat yang sesuai dengan pilihan. Pastikan juga memperhatikan kondisi dinding, apabila dindingnya lembab kamu bisa memilih jenis cat tertentu. 

6.   Hias dinding kamar 

Memanfaatkan dinding kamar dengan memberinya hiasan-hiasan tertentu tentu menambah kesan betah dalam ruangan juga. Kamu bisa memberikan hiasan berupa gambar serta karya seni sehingga membuat ruangan nampak elegan. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan lupa untuk menutup kembali lubang bekas tancapan paku sebelum kamu meninggalkan kos nantinya. 

7.   Menghadirkan kesan rumah ke dalam kamar kos

Sebagai penyewa kamar kos, penting kamu untuk memiliki mindset bahwa kamar kos tersebut adalah rumah kedua. Dengan ini kamu bisa merasakan kesan rumah ke dalam kamar kosan. Jadikan kamar kos sebagai ruang untuk istirahat, santai serta mempelajari banyak hal.

8.   Mulai membeli jenis barang yang memang dibutuhkan

Untuk menambah kesan berada di dalam rumah sendiri, kamu sebaiknya mulai membeli perlengkapan yang memang sering digunakan. Tidak perlu ragu karena peralatan tersebut kelak bisa kamu bawa ketika pindah. 

Bagaimana, sudah siap untuk menjadi anak kosan? Jangan lupa untuk menerap beberapa hal supaya betah tinggal di kos, semangat. 

No comments:

Post a Comment