Wednesday, December 30, 2020

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Bagi kamu yang baru lulus SMA atau sedang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang perkuliahan, tentunya perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Karena hal ini akan menjadi pengalaman pertama kamu sebagai mahasiswa baru.

Memasuki dunia perkuliahan memang menjadi momen yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Namun, ternyata mempersiapkan segala kebutuhan perkuliahan menjadi hal rempong yang cukup membuat kamu pusing. 



Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa baru tentunya kamu harus bisa segera beradaptasi dengan kehidupan baru perkuliahan ini. Akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika menjadi mahasiswa baru. Berikut ini akan dijabarkan penjelasannya untuk kamu. 

Persiapkan Mental

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum masuk kuliah adalah dengan mempersiapkan mental. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat dunia perkuliahan akan jauh berbeda dengan masa SMA. 

Salah satunya adalah seperti ketika kamu masih bersekolah, maka akan ada banyak pemberian yang kamu dapatkan. Mulai dari seragam sekolah, buku sekolah, hingga perlengkapan lainnya. Namun berbeda hal dengan dunia perkuliahan yang akan membuat kamu mencari semuanya sendiri, sehingga kamu dituntut untuk menjadi lebih aktif dan informatif. 

Time Management yang Baik

Hal yang perlu dipersiapkan ketika menjadi mahasiswa baru selanjutnya adalah time management yang baik. Berbeda hal dengan jadwal pembagian waktu di sekolah, untuk jadwal kuliah akan terasa silih berganti tanpa adanya kepastian. Karena belum tentu setiap hari ada jadwal kuliah. 

Namun, ketika kelas full akan terasa begitu padat. Untuk itulah, persiapkan diri Kamu dengan berbagai tugas, ujian, kepanitiaan, hingga kegiatan non akademik yang perlu dimanage atau diatur sebaik mungkin agar terorganisir dan berjalan lancar.  

Pelajari Jurusan dan Kampus

Sebagai mahasiswa baru, tentu akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah dengan mempelajari jurusan yang kamu pilih beserta kampus yang akan kamu gunakan untuk menuntut ilmu. 

Dengan mempelajari semua itu tentu akan membantu kamu dalam beradaptasi dengan baik dan cepat. Adaptasi yang perlu dilakukan oleh mahasiswa baru adalah penyesuaian diri dengan lingkungan kampus, penyesuaian dengan sistem pengajarannya, dengan sistem nilainya, lifestyle, hingga pergaulannya. Pelajari juga tentang proses administrasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik dan non akademiknya. 

Perbanyak Relasi

Memperbanyak relasi atau teman ketika baru masuk kuliah termasuk dalam hal yang perlu dipersiapkan ketika menjadi mahasiswa baru. Perbanyak relasi dengan berteman seluas mungkin, tidak hanya untuk teman sejurusan saja melainkan dari berbagai jurusan bahkan bisa juga dari seniornya. Jangan takut untuk bergaul dengan senior, karena mereka bisa sangat membantu nantinya. 

Dengan status mahasiswa baru, tentu akan sangat membantu jika kamu dibimbing oleh senior dalam mengenalkan beberapa hal penting seputar perkuliahan. Mulai dari kegiatan perkuliahan, tips menjalankan kuliah dengan baik, mata kuliah, dosen, hingga seluk beluk kampus itu sendiri. 

Ketahui Passion dan Ikuti Kegiatan Non Akademik

Sebagai seorang mahasiswa itu tidak hanya belajar atau mengikuti kegiatan akademik saja, melainkan juga aktif di kampus dengan berbagai organisasi. Bergabungnya kamu dalam sebuah komunitas tentu akan menambah pengalaman tersendiri selama masa kuliah. 

Kamu bisa belajar banyak hal mengenai kepanitiaan serta organisasi. Pengalaman ini juga nantinya akan menjadi nilai tambah dalam dunia kerja. Maka dari itu, cari tahu apa saja organisasi yang sesuai dengan passion kamu. 

Lengkapi Peralatan Kuliah

Hal yang perlu dipersiapkan ketika menjadi mahasiswa baru terakhir adalah melengkapi semua peralatan kuliah. Mulai dari buku, ATK, laptop, hingga handphone. Setiap jurusan tentu akan memiliki peralatan yang berbeda-beda.

Foto oleh fauxels dari Pexels

No comments:

Post a Comment