Monday, October 12, 2020

Tips Memilih Kost



Ketika memutuskan untuk kuliah atau kerja di daerah lain yang jauh dari tempat asal, kamu diharuskan untuk memilih tempat tinggal baru yang nyaman dan membuat betah tinggal. Tentunya kenyamanan kamu selama tinggal menentukan performa kamu selama kuliah atau kerja. Tempat tinggal selama merantau dapat berupa kost atau kontrakan. Hal-hal apa sih yang harus kalian pertimbangkan ketika memilih. Simak penjelasan berikut:

1. Lokasi
Hal pertama yang utama dilihat ketika memilih kost adalah lokasi. Ketika kamu tinggal di kost yang dekat ke kampus/kantor kamu, tentunya biaya transportasi lebih sedikit. Kamu bisa menghemat pengeluaran perbulan.
Lokasi kost yang dekat kampus juga memungkinkan kamu kembali ke kost untuk istirahat sejenak ketika sedang ada jeda atau jam kosong di antara kuliah.
Pastikan juga kost kamu dekat dengan tempat makan, agar tidak perlu pergi jauh atau harus pesan antar makanan saat lapar. 

2. Harga
Banyak macam kost dengan harga yang beraneka ragam juga. Saat memilih kost, jangan memilih kost yang paling murah, namun fasilitas minim. Karena mau tidak mau, kamu harus mengeluarkan biaya lagi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain yang belum disediakan kost. Bandingkan harga kost satu dan lainnya yang berada di sekitar kost tersebut dan pilihlah yang sesuai dengan budget kamu.

3. Fasilitas
Setiap kost menawarkan fasilitas yang beraneka ragam. Sesuaikan fasilitas dengan kebutuhan kamu. Misalkan jika kamu tidak membawa mobil, pilihan kost tidak terpaku dengan ketersediaan lahan parkir mobil. Jika kamu memerlukan koneksi internet, pastikan jaringan internet di kost tersebut baik dan menjangkau kamar kamu.
Semakin lengkap fasilitas, maka semakin tinggi harga dari kost. Maka siapkan dana lebih bila kamu mau tinggal di kost yang memiliki fasilitas lengkap.

4. Akses Menuju Kost
Saat memilih kost, pastikan jalan menuju kost mudah diakses. Jalan menuju kost yang macet akan berakibat sulitnya mobilisasi apabila kamu banyak kegiatan. Kalau kamu membawa mobil, pastikan jalan kost kamu bisa dilewati mobil.

5. Keamanan Lingkungan Sekitar
Keamanan juga harus diperhatikan dalam memilih kost. Tanyakan kepada penghuni lama kost, apakah pernah ada tindakan kriminal, seperti pencurian, di kost. Tanyakan juga apakah lingkungan kost aman apabila pulang malam hari. Tanyakan juga ke tetangga, bagaimana keamanan lingkungan sekitar. Kost yang ada satpam/penjaga dapat selalu diawasi. Jadi pilihlah kost yang ada penjaga/satpam.

6. Peraturan
Beberapa peraturan seperti jam malam, aturan bertamu, adanya piket, dan sistem pembayaran juga menentukan kenyamanan kamu selama tinggal di kost. Pastikan kamu mendapat informasi yang jelas terkait peraturan agar tidak kena marah sama ibu kost atau sesama penghuni lainnya.

Itu tadi hal-hal yang perlu kalian pertimbangkan ketika mencari kost.

Kalo kamu cari kost putri di Malang, bisa menghubungi kami ya.

Kost Putri Sembilan C & D Malang
Jl. Bendungan Sigura-Gura 5 No 9C & 9D Malang 65145
Telp: 081230115736 atau 087881507636


No comments:

Post a Comment