Saturday, April 15, 2023

Yang Harus Dipersiapkan Anak Kost Sebelum Mudik Lebaran

 Bagi kamu yang merantau, momen lebaran adalah yang paling ditunggu-tunggu selama di perantauan, karena itulah saatnya kamu pulang kampung menuju keluarga yang telah menunggu kehadiranmu. Durasi mudik bermacam-macam, ada yang seminggu, dua minggu, bahkan satu bulan. Hal ini tergantung oleh kebijakan kampus atau tempat kerja. Ketika kamu mudik, berarti kamar kost yang selama ini kamu tempati akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Apa saja yang harus dipersiapkan anak kost saat meninggalkan kamar kost selama mudik lebaran?

 

Photo by Oleksandr Pidvalnyi: https://www.pexels.com/photo/woman-walking-on-pathway-while-strolling-luggage-1008155/

  • Matikan alat elektronik

Photo by photoroyalty on Freepik


Mematikan alat elektronik sangat penting untuk meminimalisir risiko kebakaran. Colokan yang masih terpasang juga sebaiknya kamu cabut agar tidak ada listrik yang masih mengalir.

  • Matikan keran air
Photo by PS Photography: https://www.pexels.com/photo/water-drops-from-faucet-67184/

Bagi kamu yang ngekost dengan kamar mandi dalam, sebelum mudik, harus cek keran air apakah sudah dimatikan atau apakah ada kebocoran. Jika ada kebocoran, segera lapor ke petugas kost agar diperbaiki.

  • Amankan barang berharga, kunci lemari
Photo by Polina Kovaleva: https://www.pexels.com/photo/books-on-top-of-a-white-wooden-drawer-5644688/

Barang berharga seperti laptop, ijazah, surat-surat penting, sebaiknya dimasukkan ke tempat aman seperti lemari, dan kunci lemarinya.

  • Amankan kendaraan
Image by master1305 on Freepik


Bagi kamu yang tidak membawa pulang kendaraan dan ditinggal di kost, pastikan kendaraan dikunci ganda. Kendaraan juga sebaiknya diparkir dengan rapi.

  • Membersihkan dan merapikan kamar
Photo by Antoni Shkraba: https://www.pexels.com/photo/women-cleaning-a-bedroom-5245961/

Sebelum ditinggal mudik, kamar sebaiknya kamu bersihkan agar debunya tidak menumpuk. Pakaian kotor sebaiknya tidak ditumpuk karena bisa jadi sarang nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit. Ember di kamar mandi juga dikosongkan agar tidak jadi sarang nyamuk.

  • Periksa kulkas
Photo by Meruyert Gonullu: https://www.pexels.com/photo/a-woman-opening-a-refrigerator-8289912/

Bagi kamu yang memiliki kulkas di kamar, maupun yang menggunakan kulkas bersama, periksalah kulkas sebelum mudik. Makanan sebaiknya tidak lama-lama disimpan di dalam kulkas karena bisa berjamur dan mengontaminasi makanan lainnya.

  • Periksa jemuran


Pakaian kamu yang masih dijemur sebaiknya tidak ditinggal mudik karena pakaian tersebut bisa kotor lagi kalau ditinggal lama di tempat jemur.

  • Pamit kepada pemilik atau penjaga kost
Image by Freepik

Pemilik kost pastinya memiliki rencana untuk pengamanan kost selama penghuninya mudik. Kamu sebaiknya memberitahu pemilik atau penjaga kost kapan kamu mudik dan kapan kamu kembali ke kost.

 

Itulah tadi sedikit tips aman saat meninggalkan kamar kost untuk pulang ke kampung halaman. Selamat mudik, guys. Semoga selamat sampai tujuan. Keluarga telah menunggu kehadiran kalian. Jangan lupa balik ke kost bawa oleh-oleh buat ibu kost dan tetangga kost ya. Hehehee…

No comments:

Post a Comment